Potty Training

by namasteorganic on Mar 8, 2017

Oke, ini bahasan yang saya gak bahas di IG, karena ga nyambung dengan dagangan :p

tapi akan saya bahas disini, kenapa? karena potty training ini selain sehat, juga ramah terhadap dunia kita.

bayangkan berapa banyak pospak yang terbuang setiap harinya? belum lagi pospak2 itu tidak mudah hancur, sehingga sangat mencemari dunia kita bertahun2 bahkan ratusan tahun kedepan.

anak kita sudah punya anak, limbah pospak dia masih ada hahha.

saya sendiri sudah cukup concern mengenai ini, jadi dari usia 2 bulan emma memakai clodi (cloth diaper)  jijik ga? ga juga karena ga sulit cucinya, tinggal semprot yang kencang hehe.

tapi sejak usia 7 bulan, ketika dia sudah agak kokoh duduknya, setiap BAB saya bawa ke toilet, begitu terus sampai usia dia setahunan, pipisnya sudah makin bau dan banyaaaaakkk banget, saya pun lelah dengan clodi hahhaa, saya kembali pakai diaper celana, tapi kok hati tidak damai ya??? 

akhirnya di usia 14 bulan saya lepaskan diaper dia, pakai celana dalam saja selama melek. hasilnya?? gempor sih iya awal2, tapi di usia 18 bulan dia bebas diaper (kecuali tidur malam). ke mall kemanapun dia bisa bilang pipis atau eek :p

kenapa lebih sehat? ya ga perlu dijelaskan lagi, pipis itu kan kotoran tubuh ya, ditampung di pospak, dibawa2 kemana2.. belum lagi menguap karena panas tubuh.

caranya gimana?

awal2 saya bawa dia setiap 30 menit ke wc, bilang pipissss... tungguin sampai dia pipis, sering gagal, tapi lama2 bisa, dia tau dia disana untuk pipis (kalau bab dia sudah biasa karena terlatih dari 7 bulan), lama2 kalian akan tahu kok berapa lama sekali umumnya dia pipis. 

tips saya, lupakanlah training pants, clodi for training, training diaper etc etc, hanya buang2 uang si menurut saya, kalau kalian sudah siap hatinya (harus disiapkan dl niatnya hehe), cukup celana yang banyak dan kesabaran extra. But trust me, it's all worth it!! apalagi pas pertama dengar dia bilang "pipis" :D

good luck!


FOOD ALLERGY Part 2 -BABY

by namasteorganic on Mar 8, 2017

Bahasan anak alergi udah sering saya bahas kayanya, tapi masih belum puas kayanya msh banyak yg tanya hahaha. 

Jadi di usia 4,5 bulan dulu emma eksim, dia anak ASI, jadi alergi terhadap asi saya.

Awalnya kecil, lama2 banyak, seluruh tubuh kering kasar.

Bingung, stress, mana cari2 di internet soal eksim makin stresssss. Nangis2 lebay setiap hari (maklum anak pertama), menyesali diri jg kenapa saya ksh oleh2 dia alergi

But then, suatu hari saya k dsa emma nangis2 pas dia pertama MPASI saya kasih pepaya (kata dok alerginya gpp aman), ternyata PARAH, ngelupas merah kaya luka bakar, anaknya rewelll banget.

Jaman saya dlu, kayanya ga banyak yg sharing d ig soal #eksimbayi , cerita k sana sini ga ada yg ngerti, malah mereka cenderung blg "untung anak gua ga alergian"


FOOD ALLERGY Part 1

by namasteorganic on Mar 8, 2017

#namastesharingforcharing kali ini tentang Food allergy karena banyak sekali yg tanya yah, jadi saya share apa yg saya tau dan pengalaman saya saja yaaa (im not expert about this)

Sepanjang hidup saya, saya nyaris ga pernah ngeh sama alergi makanan, sampai diusia saya 19 tahun, saya "mendadak" alergi ke banyak sekali makanan (dan debu).

Sepanjang hari, saya garuk badan, muka, kepala. Dokter demi dokter, obat demi obat, sembuh?? Gak sama sekali.

Satu2 nya yg bisa membuat saya membaik adalah anti histamine, 2 hari sekali saya harus konsumsi, kalau ga saya ga bs ngapa2in, garuk aja teruss.

Alergi sendiri sebenarnya reaksi imunitas tubuh kita thdp sesuatu yg dirasa asing, berbahaya, tidak cocok.

Jadi sebenarnya tubuh kita dirancang untuk dapat memberikan signal2 tsb, namun untuk beberapa case, tubuh terlalu sensitif atau terlalu banyak alergi list.

Apakah alergi dapat disembuhkan? As i said, alergi adalah reaksi imunitas tubuh kita, jadi alergi bukanlah penyakit, jadi tidak bisa sembuh yaa (too bad!).

Tapi jangan sedih dulu, meski selama 2 tahun saya konsumsi obat anti alergi, akhirnya saya bebas dr obat itu, bagaimana caranya??.

Apa saja yg saya alergi? Banyaaakk bangettt... dari dairy, telur, seafood, debu, tepung,kacang, anjing dan banyak yg saya gatau, tiba2 saya alergi aja.

Capek akan konsumsi obat terus menurus selama 2 tahun, saya ingat, suatu hari, saya sudah desperate banget, sambil nangis karena ga tahan dengan gatelnya (tp saya gamau pake obat), saya bawa dalam doa, dan saya tertidur.

Besoknya, saya cari tau mengenai alergi, mengenai imunitas. Dan saya mendapat kesimpulan, alergi timbul karena imunitas tubuh kita ngaco, must be something wrong dengan tubuh kita ya.

Saya ingat, waktu itu saya mulai kuliah, anak kos, apa2 hemat2.. makan seadanya, sering banget indomie, ga pernah makan buah, makan selalu diluar, belum lagi bergadang buat tugas dll.

Dan tiba2 tubuh saya kaya meledak akan alergi.

Jadi sebenarnya, alergi saya bukan tiba2, tapi tabungan dari makanan dan gaya hidup yg kurang bagus.

Saat saya mulai sadar saya baru mulai kerja, pelan2 saya ubah gaya hidup saya, dari SARAPAN saja.

Makan siang dan malam masih agak biasa, tp tentu bukan instant ya ehhe.

Saat itu saya masih konsumsi obat dengan terpaksa, tapi pelan2 saya jauhi harinya, dari 2 hr sekali jadi 3 hr sekali.

Saya tidak konsumsi minuman kaleng, jarang konsumsi snack dengan pengawet, tapi pada saat itu masih suka kok sesekali.

Dalam kurang lebih 2 bulan atau 3 bulan ya saya lupa, saya bebas dari obat anti alergi, tanpa menghindari sumber alerginya sendiri (kecuali yg parah seperti kerang, kacang tanah).

Saya pernah dalam tahap cuek terhadap tubuh, tapi saya diberi kesempatan belajar oleh Tuhan, juga ketika itu mama saya yg kanker, memberikan tamparan lebih lagi kepada saya, betapa pentingnya mejaga kesehatan kita.

Mengobati itu kadang sudah terlambat.

Meningkatkan imunitas tubuh adalah cara paling ampuh dan paling mudah dalam menjaga kesehatan.

Dan tahukah kalian, rata2 alergi pada anak karena faktor genetik yg diturunkan orang tuanya? Bisa dibilang emma punya alergi "oleh2" dari saya 

Tidak perlu menyesali sih menurut saya, saya bisa membaik, begitu jg kalian.

Seperti saya bilang tadi, beberapa waktu ini saya merasa jaranggg sekali dapat "serangan" alergi, saya amati, karena beberapa waktu belakangan saya sangat concern thp kesehatan pencernaan.

Dan saya tipe orang yg percaya, pencernaan adalah "otaknya" tubuh kita, hampir segala penyakit dimulai dari pencernaan yg tidak baik, pencernaan yg tidak baik, hampir bisa dipastikan karena makanan yg tidak baik.

So u re what u eat (and drink) itu bener banget, jangan karena tubuh kita sekarang sehat, cuek2 aja kaya saya dulu yah 

Kalau kalian tnya gimana makanan saya sehari2?? Biasanya saya selalu share kok d ig, menu sarapan ga jauh dari buah, susu almond, chiapudding, snack diganti dengan yg lebih natural (kurangi gluten, pengawet, refined sugar), perbanyak sayur 

Karena kebutuhan dan selera setiap org beda2 ya ga harus ikutin saya, toh sekarang banyak pilihah ya (mau cari snack sehat di web aja ada kategori healthy snack misalnya) mau cari resep di web jg ada resep nya hihi.

Gak lupa point penting menurut saya, konsumsi minuman pagi berupa madu+lemon+cuka+extract itu penting banget bangun imunitas dan pembersih pencernaan :D


Raw Almond Milk Recipe And Chia Pudding

by namasteorganic on Feb 26, 2017

Untuk yang sudah kangen sama resep raw almond milk kita, here we go!

Untuk membuat susu almond sendiri sangat mudah kok, yang kalian butuhkan hanya:

Kacang almond mentah (namanya jg raw almond milk yaa hihi).

Air

Gula (kalau mau)

Tambahan perasa (kalau mau)

kain saring

Blender 

sebenarnya kekentalannya bisa kalian tingkatkan atau turunkan sesuai selera, hanya saja ini standar nya yg kami pakai, semoga berguna:



RESEP untuk 1 L

250 gr kacang almond mentah (rendam semalaman DI KULKAS pakai air matang).

900 ml air 

5 SDM coconut sugar organic

buang air rendaman kacang, blender kacang, gula dan air dengan high speed blender. Saring menggunakan kain saring. DONE as easy as that :D

nah kalau mau tambah rasa

Matcha: +4 SDT matcha powder organic +2SDM coconut sugar (bole tidak ditambah jg)

Cacao:+2 SDM cacao powder + 2 SDM coconut sugar  (optional).



Lalu bagaimana untuk membuat chia pudding?

rendam 2 sdm chia seed dengan 200 ml susu almond (bole lebih atau kurang), diamkan dikulkas selama 1 jam, aduk2, simpan lagi semalaman (atau beberapa jam).



overnight oat?

1 sdm chia seed, 1-2 sdm rolled oat, 300 ml susu almond (diamkan semalaman)

mudah kan??? Yuk praktek yukkk ♥


Macam macam OAT dan bedanya

by namasteorganic on Feb 26, 2017

Pertanyan palingggg sering yang kami dapatkan untuk oat, oat itu gandum bukan sih? anak saya alergi gandum, ga bisa konsumsi oat donk??

oat BUKAN gandum, bentuk boleh mirip, tapi secara gizi, secara rasa berbeda jauh. 

Hal yang paling mendasari perbedaan mereka (selain gizi dan fungsi), oat TIDAK bergluten, sedangkan gandum naturally bergluten. 

Lalu kenapa ada oat yang Gluten Free kalau memang oat itu tidak mengandung gluten? karena oat TERPAPAR oleh gandum, rye, dll. 

Terpapar artinya mengandung juga loh, meski memang dalam tingkat yang tidak terlalu banyak, namun tetap ada. Untuk anak2 dibawah setahun yang pencernaanya masih belum sempurna, saya pribadi sangat menyarankan mengambil yang gluten free karena lebih mudah dicerna (gluten sulit dicerna), hal ini berlaku jg untuk orang2 yang menderita celiac.

Namun demikian, meski gluten sendiri memang memiliki khasiat, namun problem yang ditimbulkan dengan mengkonsumsi gluten secara berlebihan jauh lebih banyak daripada manfaatnya sendiri, jadi meski kita sehat, tidak ada problem, tetap kurangi konsumsi gluten yang belebihan yah :)

lalu ada apa saja sih tipe oat? yang paling banyak ada 3 macam (kiri ke kanan)

steel cut oat; bentuknya masih butiran, memiliki gizi PALING tinggi dibandingkan rolled oat apalagi quick cook, namun untuk mengolahnya memerlukan waktu lebih lama (seperti memasak beras).

Rolled oat: oat yang sudah digepengkan, bergizi juga donk (lebih bergizi daripada quick cook apalagi instant oat), proses memasaknya kurang lebih 10-15 menit 

Quick cook oat: masih perlu dimasak yah sekitar 5 menit, nah kalau instant oat (lebih halus dari quick cook) hanya disiram saja bisa -sangat cocok untuk travelling.

mengingat oat cenderung terkontaminasi GMO, pemilihan oat yang baik sangat diperlukan, saya pribadi sangat menyukai produk bob red mill (terutama yg organic dan gluten free)


Lemongrass Essential oil untuk napsu makan??

by namasteorganic on Feb 26, 2017

Sebagai seorang ibu, kita terus belajar, gak pernah beres, sehari masalah GTM, sehari masalah bab 
.
Sedikit sharingan pribadi mengenai oil ini (sharingan lain bisa dilihat di post & komen #namastelemongrass) .
Saya ini org yg cukup skeptis ya, jujur saya agak sangsi awalnya ada yah minyak ajaib begini 
.
Saya ga pakai, meski banyak yg bilang bagus dll. .
Sampaiiii, suatu ketika, emma bab tengah malam, dalam keadaan tidur, dia bangunin saya pun sudah terlanjur bab sebagian, dan ini berlangsug selama 2 minggu- sampai saya terpaksa pakein dia pampers malam2. Kadang jam 1, kadang jam 3 atau jam 5. Pokoknya di saat dia tidur. .
Gak diare, karena di siang harinya dia gak bab lagi 
.
Lalu dia batpil (yg saya cerita beberapa waktu lalu), ga selera makan, bab tengah malem, saya worry donk hahaha.. mau bawa ke dokter, tapi sehari sebelum saya ke dsa, saya pikir.. ini kayanya ada masalah pencernaan deh, kenapa saya ga coba lemongrass yg konon memang baik untuk pencernaan. .
Malam itu saja coba oles di telapak kaki, gak ngarep banyak. Haha
.
Besoknya dia bangun pagi, biasa aja, gak tengah malam, tanpa pupi sampai sekarang
.
Makannya membaik? Bangett! Saya bingung sih jelasinnya, sebenernya dia mmg ga terlalu GTM gimana, tapi karena badannya segar lagi, dia jadi napsu makan lagi, yg jelas bye pupi tengah malam :D
.

Tapi perlu ditekankan saya TIDAK pakai eo lemongrass ini untuk menambah napsu makan emma ya, tidak sama sekali, dan saya tidak percaya such a thing like nambah napsu makan. Saya pakai oil ini untuk kesehatan pencernaan dia (yg memang berujung pada napsu makan yg lebih baik- dan kesehatan tubuh yg juga meningkat) tapi bukan hanya eo loh, banyak faktor seperti lingkungan, makanan bergizi, supplements, kegiatan dll (bs di baca di postan hastag #namastenapsumakananak yaa) .
.
Bagaimana cara saya berikan? Saya tetes d satu telapak kakinya (tidak di dilute karena di telapak kaki permukaan kulit lebih tebal) lalu saya gosokan pada kaki satu lagi, dan saya lakukan ini setiap pagi setiap hari. .


Pertolongan pertama keracunan makanan

by namasteorganic on Feb 26, 2017

Hari minggu hari libur sangat indentik kan dengan makan enak 
.
Tapi ga jarang karena keasikan makan enak, perut ga enak, bahkan keracunan makanan? 
Pernah dengar arang yg di aktifkan? Activated charcoal, sudah beken banget untuk problem keracunan makanan, karena secara alami memiliki sifat menyerap racun- dan lately saya temukan resep yg oke banget, YESSSS with cuka apel (masih ragu beli cuka apel? Manfaatnya buanyak bgt kan) .
Kalau kalian keracunan makanann (bisa diare, muntah, mual, pusing) .
Ambil cuka apel dan air (dengan porsi yg sama), tambahkan activated charcoal 1/2 sdt, aduk rata, konsumsi. Racikan ini bisa kalian konsumsi beberapa kali dalam sehari hingga dirasa sudah membaik-and it will! 
.
selain masalah keracunan makanan, racikan ini (bisa dengan dosis lbh rendah) bisa digunakan untuk membersihkan pencernaan ❤
.
Selain masalah pencernaan activated charcoal biasa dipakai untuk masker muka (banyak banget resepnya di internet)