Blog

Macam macam OAT dan bedanya

February 26, 2017
/
sharing for caring
Macam macam OAT dan bedanya image

Pertanyan palingggg sering yang kami dapatkan untuk oat, oat itu gandum bukan sih? anak saya alergi gandum, ga bisa konsumsi oat donk??

oat BUKAN gandum, bentuk boleh mirip, tapi secara gizi, secara rasa berbeda jauh. 

Hal yang paling mendasari perbedaan mereka (selain gizi dan fungsi), oat TIDAK bergluten, sedangkan gandum naturally bergluten. 

Lalu kenapa ada oat yang Gluten Free kalau memang oat itu tidak mengandung gluten? karena oat TERPAPAR oleh gandum, rye, dll. 

Terpapar artinya mengandung juga loh, meski memang dalam tingkat yang tidak terlalu banyak, namun tetap ada. Untuk anak2 dibawah setahun yang pencernaanya masih belum sempurna, saya pribadi sangat menyarankan mengambil yang gluten free karena lebih mudah dicerna (gluten sulit dicerna), hal ini berlaku jg untuk orang2 yang menderita celiac.

Namun demikian, meski gluten sendiri memang memiliki khasiat, namun problem yang ditimbulkan dengan mengkonsumsi gluten secara berlebihan jauh lebih banyak daripada manfaatnya sendiri, jadi meski kita sehat, tidak ada problem, tetap kurangi konsumsi gluten yang belebihan yah :)

lalu ada apa saja sih tipe oat? yang paling banyak ada 3 macam (kiri ke kanan)

steel cut oat; bentuknya masih butiran, memiliki gizi PALING tinggi dibandingkan rolled oat apalagi quick cook, namun untuk mengolahnya memerlukan waktu lebih lama (seperti memasak beras).

Rolled oat: oat yang sudah digepengkan, bergizi juga donk (lebih bergizi daripada quick cook apalagi instant oat), proses memasaknya kurang lebih 10-15 menit 

Quick cook oat: masih perlu dimasak yah sekitar 5 menit, nah kalau instant oat (lebih halus dari quick cook) hanya disiram saja bisa -sangat cocok untuk travelling.

mengingat oat cenderung terkontaminasi GMO, pemilihan oat yang baik sangat diperlukan, saya pribadi sangat menyukai produk bob red mill (terutama yg organic dan gluten free)

from has purchased
about ago