Blog

FOOD ALLERGY Part 1

March 8, 2017
/
sharing for caring
FOOD ALLERGY Part 1 image

#namastesharingforcharing kali ini tentang Food allergy karena banyak sekali yg tanya yah, jadi saya share apa yg saya tau dan pengalaman saya saja yaaa (im not expert about this)

Sepanjang hidup saya, saya nyaris ga pernah ngeh sama alergi makanan, sampai diusia saya 19 tahun, saya "mendadak" alergi ke banyak sekali makanan (dan debu).

Sepanjang hari, saya garuk badan, muka, kepala. Dokter demi dokter, obat demi obat, sembuh?? Gak sama sekali.

Satu2 nya yg bisa membuat saya membaik adalah anti histamine, 2 hari sekali saya harus konsumsi, kalau ga saya ga bs ngapa2in, garuk aja teruss.

Alergi sendiri sebenarnya reaksi imunitas tubuh kita thdp sesuatu yg dirasa asing, berbahaya, tidak cocok.

Jadi sebenarnya tubuh kita dirancang untuk dapat memberikan signal2 tsb, namun untuk beberapa case, tubuh terlalu sensitif atau terlalu banyak alergi list.

Apakah alergi dapat disembuhkan? As i said, alergi adalah reaksi imunitas tubuh kita, jadi alergi bukanlah penyakit, jadi tidak bisa sembuh yaa (too bad!).

Tapi jangan sedih dulu, meski selama 2 tahun saya konsumsi obat anti alergi, akhirnya saya bebas dr obat itu, bagaimana caranya??.

Apa saja yg saya alergi? Banyaaakk bangettt... dari dairy, telur, seafood, debu, tepung,kacang, anjing dan banyak yg saya gatau, tiba2 saya alergi aja.

Capek akan konsumsi obat terus menurus selama 2 tahun, saya ingat, suatu hari, saya sudah desperate banget, sambil nangis karena ga tahan dengan gatelnya (tp saya gamau pake obat), saya bawa dalam doa, dan saya tertidur.

Besoknya, saya cari tau mengenai alergi, mengenai imunitas. Dan saya mendapat kesimpulan, alergi timbul karena imunitas tubuh kita ngaco, must be something wrong dengan tubuh kita ya.

Saya ingat, waktu itu saya mulai kuliah, anak kos, apa2 hemat2.. makan seadanya, sering banget indomie, ga pernah makan buah, makan selalu diluar, belum lagi bergadang buat tugas dll.

Dan tiba2 tubuh saya kaya meledak akan alergi.

Jadi sebenarnya, alergi saya bukan tiba2, tapi tabungan dari makanan dan gaya hidup yg kurang bagus.

Saat saya mulai sadar saya baru mulai kerja, pelan2 saya ubah gaya hidup saya, dari SARAPAN saja.

Makan siang dan malam masih agak biasa, tp tentu bukan instant ya ehhe.

Saat itu saya masih konsumsi obat dengan terpaksa, tapi pelan2 saya jauhi harinya, dari 2 hr sekali jadi 3 hr sekali.

Saya tidak konsumsi minuman kaleng, jarang konsumsi snack dengan pengawet, tapi pada saat itu masih suka kok sesekali.

Dalam kurang lebih 2 bulan atau 3 bulan ya saya lupa, saya bebas dari obat anti alergi, tanpa menghindari sumber alerginya sendiri (kecuali yg parah seperti kerang, kacang tanah).

Saya pernah dalam tahap cuek terhadap tubuh, tapi saya diberi kesempatan belajar oleh Tuhan, juga ketika itu mama saya yg kanker, memberikan tamparan lebih lagi kepada saya, betapa pentingnya mejaga kesehatan kita.

Mengobati itu kadang sudah terlambat.

Meningkatkan imunitas tubuh adalah cara paling ampuh dan paling mudah dalam menjaga kesehatan.

Dan tahukah kalian, rata2 alergi pada anak karena faktor genetik yg diturunkan orang tuanya? Bisa dibilang emma punya alergi "oleh2" dari saya 

Tidak perlu menyesali sih menurut saya, saya bisa membaik, begitu jg kalian.

Seperti saya bilang tadi, beberapa waktu ini saya merasa jaranggg sekali dapat "serangan" alergi, saya amati, karena beberapa waktu belakangan saya sangat concern thp kesehatan pencernaan.

Dan saya tipe orang yg percaya, pencernaan adalah "otaknya" tubuh kita, hampir segala penyakit dimulai dari pencernaan yg tidak baik, pencernaan yg tidak baik, hampir bisa dipastikan karena makanan yg tidak baik.

So u re what u eat (and drink) itu bener banget, jangan karena tubuh kita sekarang sehat, cuek2 aja kaya saya dulu yah 

Kalau kalian tnya gimana makanan saya sehari2?? Biasanya saya selalu share kok d ig, menu sarapan ga jauh dari buah, susu almond, chiapudding, snack diganti dengan yg lebih natural (kurangi gluten, pengawet, refined sugar), perbanyak sayur 

Karena kebutuhan dan selera setiap org beda2 ya ga harus ikutin saya, toh sekarang banyak pilihah ya (mau cari snack sehat di web aja ada kategori healthy snack misalnya) mau cari resep di web jg ada resep nya hihi.

Gak lupa point penting menurut saya, konsumsi minuman pagi berupa madu+lemon+cuka+extract itu penting banget bangun imunitas dan pembersih pencernaan :D

from has purchased
about ago