Blog

Potty Training

March 8, 2017
/
sharing for caring
Potty Training image

Oke, ini bahasan yang saya gak bahas di IG, karena ga nyambung dengan dagangan :p

tapi akan saya bahas disini, kenapa? karena potty training ini selain sehat, juga ramah terhadap dunia kita.

bayangkan berapa banyak pospak yang terbuang setiap harinya? belum lagi pospak2 itu tidak mudah hancur, sehingga sangat mencemari dunia kita bertahun2 bahkan ratusan tahun kedepan.

anak kita sudah punya anak, limbah pospak dia masih ada hahha.

saya sendiri sudah cukup concern mengenai ini, jadi dari usia 2 bulan emma memakai clodi (cloth diaper)  jijik ga? ga juga karena ga sulit cucinya, tinggal semprot yang kencang hehe.

tapi sejak usia 7 bulan, ketika dia sudah agak kokoh duduknya, setiap BAB saya bawa ke toilet, begitu terus sampai usia dia setahunan, pipisnya sudah makin bau dan banyaaaaakkk banget, saya pun lelah dengan clodi hahhaa, saya kembali pakai diaper celana, tapi kok hati tidak damai ya??? 

akhirnya di usia 14 bulan saya lepaskan diaper dia, pakai celana dalam saja selama melek. hasilnya?? gempor sih iya awal2, tapi di usia 18 bulan dia bebas diaper (kecuali tidur malam). ke mall kemanapun dia bisa bilang pipis atau eek :p

kenapa lebih sehat? ya ga perlu dijelaskan lagi, pipis itu kan kotoran tubuh ya, ditampung di pospak, dibawa2 kemana2.. belum lagi menguap karena panas tubuh.

caranya gimana?

awal2 saya bawa dia setiap 30 menit ke wc, bilang pipissss... tungguin sampai dia pipis, sering gagal, tapi lama2 bisa, dia tau dia disana untuk pipis (kalau bab dia sudah biasa karena terlatih dari 7 bulan), lama2 kalian akan tahu kok berapa lama sekali umumnya dia pipis. 

tips saya, lupakanlah training pants, clodi for training, training diaper etc etc, hanya buang2 uang si menurut saya, kalau kalian sudah siap hatinya (harus disiapkan dl niatnya hehe), cukup celana yang banyak dan kesabaran extra. But trust me, it's all worth it!! apalagi pas pertama dengar dia bilang "pipis" :D

good luck!

from has purchased
about ago